Friday, December 27, 2013

Pertarungan Personal Assistant Siri Dengan Google Now Makin Memanas

Siri vs Google Now
BeritaGadget. Google dan Apple sepertinya tidak mau ketinggalan untuk mengembangkan teknologi smartphone, mereka berusaha untuk membuat smartphone menjadi lebih cerdas lagi. Faktor kunci untuk mengukur seberapa cerdas sebuah smartphone adalah sebuah Personal Asisten yang di kontrol dengan   suara.

Ratusan juta dollar telah di habiskan hanya untuk mengembangkan aplikasi Personal Asisten buatan mereka, Apple dengan aplikasi Siri dan Google dengan aplikasi Google Now. Bisa kita bayangkan apabila kedua software tersebut telah di kembangkan dengan sempurna maka di masa depan kita dapat memesan tiket pesawat, atau membuat jadwal pertemuan dengan client hanya dengan perintah suara saja. Dan bukan hanya itu saja dengan Personal Asisten kita juga dapat mengetahui semua hal/kebutuhan kita seperti mau makan apa, mau kemana, meminta pendapat/saran dan sebagainya hanya dengan perintah suara seolah-olah kita berbicara dan mempunyai asisten sesungguhnya.



Dengan kata lain ini adalah pertarungan raksasa teknologi antara Google dan Apple untuk mengembangkan Siri dan Google Now. Sehingga tidaklah salah Google dan Apple masing-masing membuat team dan menghabiskan ratusan juta dollar untuk memastikan bahwa Personal Asisten mampu memahami dengan jelas apa yang dikatakan manusia, menyaring pilihan, kemudian memberikan jawaban terbaik atas permintaan tersebut.

Google memiliki keunggulan dibandingkan Apple dalam hal tersebut, karena Google sudah memiliki mesin pencari dengan algoritma yang mampu menentukan/menemukan hasil pencarian terbaik. " Alasan kami merasa yakin akan persaingan ini adalah karena apa yang kami lihat dan apa yang kami kembangkan sekarang di bangun atas dasar rangking pencarian web ", kata direktur teknik Google Scott Huffman. " Ini seperti merasakan sedikit persaingan, bagi kami dalam persaingan ini banyak membutuhkan bakat, bukan menemukan ide ajaib yang sebelumnya sudah kita beli sebelum orang lain memilikinya. Ini lebih tentang bakat rekayasa dalam hal memenuhi permintaan baru yang banyak. "

Statemen Huffman ini menyindir Apple yang memanfaatkan dan membeli teknologi dari Topsy sebesar $200 juta, karena Topsy memiliki teknologi yang akan dapat membantu Apple untuk menentukan tren dan pola user di Twitter, sesuatu yang sangat jelas membantu Siri memahami pertanyaan dengan lebih baik. Sedangkan Google di ketahui mengembangkan sendiri teknologi yang akan di gunakan Google Now nanti.

Apakah Google Now mampu mengalahkan Siri dalam persaingan ini atau malah Siri yang berada di puncak nanti, kita lihat saja perkembangannya nanti sobat BeritaGadget. Tetapi satu hal yang pasti kedua perusahaan tersebut harus tahu bahwa mereka tidak bisa hanya mengandalkan pada mesin saja, manusia merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan jawaban yang masuk akal akan pertanyaan tertentu.

[sumber : techtimes]

No comments:

Post a Comment